7 Cara Ampuh Membuat Blog SEO Friendly

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

     7 Cara Ampuh Membuat Blog SEO Friendly ~ Banyak orang yang berfikir ingin pindah dari blogspot ke wordpress dengan alasan SEO. Mereka beranggapan bahwa blogspot banyak sekali keterbatasan untuk mengoptimalkan SEO blog mereka. Pasti anda menemukan banyak sekali ketika anda mencari  panduan tutorial mengoptimalkan SEO untuk blogspot, namun tidak untuk wordpress, pada wordpress semua itu tidak terlalu rumit karena wordpress memang menyediakan plugin untuk mengoptimalkan SEO sangat mudah sekali.

SEO

     Pada artikel saya kali ini, saya ingin membahas tentang SEO untuk blogger. Karena, menurut saya blogspot tetap lebih baik dalam pengoptimalan SEO dan anda akan mampu menguasai kode-kode html. Oleh karena itu, saya akan berbagi beberapa tips untuk mengoptimalkan SEO blog anda agar lebih SEO friendly. Namun, untuk anda yang baru saja berencana untuk membuat blog di sini ada panduan singkat dan mudah untuk membuat blog: Cara Mudah Membuat Blog Terbaru

Tips Trik SEO Blogspot

     Ketika berbicara masalah SEO, hal pertama yang anda butuhkan adalah mengecek seo blog anda di page seo seperti chkme.com dll. dan diikuti dengan mengoptimalkan kualitas artikel dan mengoptimalkan keyword dan nilai meta untuk artikel yang anda buat. Sekarang anda tidak perlu dipusingkan dengan hal ini karena saya di sini akan memberikan panduan dasar untuk membuat blog anda lebih SEO friendly :-) Berikut adalah 7 Cara Ampuh Membuat Blog SEO Friendly:
  1. Format Link Posting URL Blog
     Permalink atau Permanent Link memainkan peran besar dalam peringkat artikel anda dalam posisi pertama di search engine. Ada beberapa aturan yang harus anda ikuti tentang permalink di blogspot.

  • Judul Posting Tidak Boleh Melebihi 50 Karakter
  • Jangan Gunakan Kata Berhenti Atau Stop Words Dalam Permalink Dan Meta Tag. (Contoh: Sebuah, Dalam, Ke, Yang, Dsb)

     Kata-kata stop words ini tidak baik untuk search engine. Karena, jika anda menggunakan permalink dengan kata-kata dalam daftar stop words, maka peng-indekan kata kunci akan diabaikan sampai kata stop words oleh google, namun saat anda menulis sebuah artikel,anda mempunyai pilihan untuk mengedit permalink artikel anda, cukup menggunakan atau mengedit di panel pengaturan permalink.

     Dalam panel pengaturan format bahasa indonesia adalah (Tautan Permanent) dan silahkan hapus kata-kata berhenti atau stop words di panel permalink, untuk mengedit permalink cukup mudah dengan cara manual,cukup memilih permalink dan anda edit sendiri sesuai keinginan. ScreenShot:
Permalink

      2. Mempertahankan Kepadatan Kata Kunci (Keyword)
     Keyword merupakan aspek penting untuk posisi artikel anda di search engine, tertalu sedikit keyword di artikel akan menyebabkan kurangnya peringkat di search engine. Namun anda juga tidak perlu melakukan penempatan keyword terlalu banyak karena menyebabkan over optimasi, namun anda dapat menempatkan banyak kata kunci untuk optimasi SEO, tentunya harus relevan, setelah anda selesai membuat post, anda dapat menganalisis seluruh post untuk mengetahui posisi yang tepat untuk penempatan keyword dan tentu tanpa mengganggu pembaca dalam penempatannya.

       3. Label Yang Tepat Dan Posting Terkait
     Label menambahkan kepadatan kata kunci dari pos, label harus mempunyai pelebaran sesuai dalam kategori daripada single kategori. Misalkan anda membuat sebuah posting artikel tentang "Internet Download Manager" dengan tiga kategori Windows, Dowloader, Perangkat lunak, maka otomatis label menambahkan kepadatan kata kunci dalam seluruh post dan label mempengaruhi tulisan artikel terkait di blog. Silahkan anda lihat artikel terkait sesuai label yang anda baca, maka di artikel terkait akan memberikan posting sesuai label. Dan jika ada begitu banyak posting dengan label yang sama di tandai di label tersebut akan mempengaruhi susunan artikel di related post atau artikel terkait di blog anda.

       4. Format Judul Posting Blog
     Ketika berbicara tentang SEO blog, maka format judul memainkan peran utama, maka penempatanya biasanya Judul posting di tempatkan di awal dan diikuti oleh judul blog. Silahkan lihat gambar di bawah ini:
Judul Posting Blog

     Penempatan tersebut benar karena keyword yang ditargetkan di search engine adalah judul artikel baru diikuti oleh judul blog. Jika penempatan judul blog dahulu baru diikuti judul artikel berarti itu salah, karena itu sangat buruk untuk SEO. Untuk mengatasi atau mengoptimalkannya adalah dengan mengganti title. Dengan mengikuti cara berikut ini:
Anda dapat menemukan kode html berikut pada template - edit html.
<title> <data: blog.pageTitle /> </ title>
Dan ganti kode tersebut dengan kode di bawah ini:
<b:if cond= 'data:blog.pageType == &quot;index&quot;'><title><data:blog.title/></title><b:else/><title><data:blog.pageName/></title> </b:if> 

       5. Optimasi SEO Untuk Gambar
     Optimasi gambar untuk SEO dengan menggunakan tag title dan tag alt di setiap gambar, dan ini bisa di lakukan secara manual setelah anda mengupload gambar. Optimasi tag alt dan tag title untuk memberi tahu mesin pencari tentang inforamasi tentang gambar tersebut saat melakukan pencarian dengan gambar sesuai title. Anda cukup klik kanan pada gambar dan klik properti lalu masukan title pada gambar tersebut. ScreenShot:


Optimasi Seo Image

      6. Menambahkan Meta Deskripsi
     Meta tag menghasilkan tag HTML yang digunakan oleh mesin pencari untuk mengedintifikasi judul, deskrispsi dan rincian lain dari URL. Memang tidak banyak berpengaruh tapi akan memiliki dampak sedikit pada kata kunci yang di targetkan. Ketika anda selesai membuat artikel, maka anda tinggal memasukan deskripsi. ScreenShot:


Meta Deskripsi

      7. Link Eksternal Nofollow
     Nofollow adalah atribut Html yang tercantum pada hyperlink untuk memblokir keuntungan mesin pencari link eksternal dalam website. Jadi ketika anda menggunakan link keluar ke website lain, anda bisa menggunakan rel='nofollow' atribut setelah URL, untuk mencegah mesin pencari merayapi link tersebut. ScreenShot:

Link Eksternal Nofollow 

Contoh gambar di atas, maka anda cukup mencentang add 'rel=nofollow'attribut.


     Selesai :-) Begitulah tips yang dapat saya bagikan kepada anda mengenai 7 Cara Ampuh Membuat Blog SEO Friendly. Mungkin masih banyak tips SEO yang lainnya, tetapi jika anda mengikuti langkah-langkah di atas, saya yakin blog anda bisa lebih SEO Friendly. Tetap ikuti update BMR, kurang lebih mohon maaf. Salam Sukses :)
ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين
0 Komentar untuk "7 Cara Ampuh Membuat Blog SEO Friendly"

 
Copyright © 2014 Blog Mas Rozaq - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info